Pengalaman DINAMIKA PKN STAN

14:42 Add Comment
Pengalaman DINAMIKA PKN STAN


Hai teman-teman, berjumpa lagi dengan admin Renaldy. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam menjalani DINAMIKA PKN STAN 2018. Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengalaman saya di DINAMIKA PKN STAN 2018, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan DINAMIKA, apa sih itu DINAMIKA? DINAMIKA merupakan singkatan dari Studi Perdana Memasuki Kampus, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan orientasi mahasiswa dan mahasiswi baru (maba dan miba) untuk mengenal lebih jauh tentang kampus dan kehidupan di dalamnya untuk bekal awal menuntut ilmu di kampus PKN STAN. DINAMIKA bertujuan agar para mahasiswa dan mahasiswi dapat memahami kebudayaan kampus, peraturan kampus, tata cara perkuliahan, dan lain sebagainya. DINAMIKA merupakan sebuah acara wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa dan mahasiswi baik D-I dan D-III PKN STAN. Apabila tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut, maka akan ada sanksi yang diberikan oleh Lembaga PKN STAN.

Selanjutnya akan saya ceritakan pengalaman saya merasakan keseruan dari acara DINAMIKA PKN STAN. Saat sudah mengetahui saya diterima di PKN STAN, saya merasa penasaran bagaimana sih masa orientasi mahasiswa dan mahasiswi baru di PKN STAN? Setelah mencari di berbagai sumber, saya mendapati informasi-informasi, ternyata masa orientasi maba dan miba di PKN STAN dikenal dengan nama DINAMIKA PKN STAN. Selanjutnya saya baca-baca dan lihat video-video tentang DINAMIKA ternyata seru juga wkwk. Setelah itu sebelum melaksanakan DINAMIKA, kita sebagai maba dan miba juga harus melaksanakan PraDINAMIKA. Lohhh apa itu PraDINAMIKA? PraDINAMIKA merupakan acara sebelum DINAMIKA sesungguhnya dimulai, kayak latihan gitu sihh, biar ga kaget pas DINAMIKA.


Sebelum melakukan PraDINAMIKA, nantinya kita akan dimasukkan ke kelompok yang sudah ditetapkan oleh panitia dan setiap kelompok berisikan sekitar 18 orang. Kebetulan aku tergabung dengan kelompok Bandung Lautan Api 14. Asik juga sih nambah temen dari penjuru Indonesia, di kelompok tersebut ada orang Palembang, Jambi, Cimahi, Jombang, Tangerang, Gunung Kidul, Medan, dan masih banyak lagi. Di dalam kelompok tersebut juga ada raka asistensi namanya raka Eko Irawan yang membimbing kelompok kita. Oh iyaa, raka itu merupakan sebutan wajib bagi kakak tingkat kita laki-laki, sedangkan yang perempuan disebut rakanita. H-1 sebelum PraDINAMIKA sudah disibukkan dengan tugas-tugas PraDINAMIKA baik tugas individu maupun kelompok. Untungnya kelompokku solid wkwk, jadi pas ada tugas bisa kelar. Ga tanggung-tanggung deadline dari tugas PraDINAMIKA sangat mepet, hampir keteteran juga. Tapi tugas itu harus selesai, kalau ga selesai ada sanksi pastinya.

Sebelum lanjut lebih dalam, berikut merupakan tata tertib maba dan miba selama menjalani DINAMIKA.

Mahasiswa Baru (Maba) Diwajibkan Memenuhi Ketentuan Sebagai Berikut:
1. Panjang rambut maksimal 1 cm
2. Wama rambul hitam (kecuali uban)
3. Kuku tidak boleh panjang (hams rapi, bersih, dan tidak diwarna)
4. Tidak boleh berkumis
5. Menggunakan topi Dinamika PKN STAN 2018
6. Mengenakan dasi panjang berwarna hitam, polos, tanpa motif maupun corak, bahan bebas
7. Mengenakan kemeja dengan ketentuan:
a. Berwarna putih polos tanpa motif maupun corak, tidak ketat {slimfit), dan tidak menerawang
b. Berlengan panjang
c. Bersaku satu atau tidak bersaku sama sekali
d. Kancing berwarna putih atau bening
e. Tidak ada pangkat maupun aksen lainnya
f. Dimasukkan ke dalam celana dengan rapi

8. Mengenakan celana dengan ketentuan:
a. Berwarna hitam polos tanpa motif maupun corak
b. Berbahan kain
c. Panjang celana menutupi mata kaki
d. Tidak ketat dan bukan slimfit (tidak boleh bermodel pensil dan chino)

9. Baju dan celana disetrika dengan rapi
10. Mengenakan kaos dalam wama putih polos beriengan pendek
11. Mengenakan ikat pinggang standar wama hitam polos (boleh tusuk maupun ges
12. Mengenakan kaos kaki berwama hitam polos tanpa motif dan corak (termasuk logo atau lambang apapun), dengan ketentuan: pemakaian minimal 10 cm diatas mata kaki (setengah betis)
13. Mengenakan sepatu berwama hitam termasuk tali (sol dan bagian dalam sepatu diperbolehkan tidak hitam), jenis bebas asalkan nyaman untuk berkegiatan
14. Mengenakan tas ransel beresleting untuk kantung utama (bukan tas model serut), warna bebas tanpa gantungan kunci maupun aksesoris lainnya dan harus dapat memuat seluruh barang bawaan
15. Tidak boleh mengenakan dan membawa aksesoris (termasuk jam tangan) dan segala jenis perhiasan (gelang, kalung, anting, cincin) kecuali kacamata, gelang yang diwajibkan oleh agama, dan yang akan ditugaskan kemudian
16. Tidak diperbolehkan menggunakan softlens
17. Mahasiswa baru wajib menaati jam malam (22.00 WIB - 04.00 WIB) sejak ketentuan ini diumumkan sampai Dinamika hari terakhir. Pada saat jam tersebut mahasiswa baru harus berada di kos/tempat tinggal masing-masing
18. Dapat beraktivitas kembali di luar kos atau tempat tinggal masing-masing setelah pukul 04.00 WIB
19. Wajib menjunjung tinggi 6S: Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Spiritual balk di dalam maupun di luar kampus PKN STAN
20. Wajib datang ke lokasi Dinamika pukul 05.15 WIB - 06.00 WIB kecuali ditentukan lain (sudah melaksanakan salat subuh bagi yang beragama islam), lebih dari itu dianggap terlambat
21. Dilarang memasuki area kampus PKN STAN sebelum gerbang dibuka, (Gerbang yang akan dibuka adalah Gerbang PKN STAN Bintaro, Ceger, Kalimongso, dan Sarmili)
22. Tidak boleh memarkir kendaraan di area kampus PKN STAN
23. Batas pengantaran dan penggunaan kendaraan pribadi maksimal 50 meter dari gerbang yang telah ditentukan
24. Wajib menghapal password yang akan diberikan oleh panitia kemudian, password berfungsi sebagai syarat untuk mengikuti Dinamika setiap harinya
25. Wajib memanggil panitia Dinamika PKN STAN laki-Iaki dengan sebutan Raka perempuan dengan sebutan Rakanita
26. Wajib mematuhi seluruh ketentuan dan rangkaian acara Dinamika PKN STAN 2018 dengan khidmat dan seksama
27. Wajib mengikuti seluruh rangkaian acara Dinamika PKN STAN 2018 yang akan menentukan kelulusan Dinamika
28. Dilarang melakukan hal yang mengganggu,memperlambat, menghambat,dan mengacaukan pelaksanaan acara Dinamika PKN STAN 2018
29. Wajib menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
30. Dilarang menggunakan bahasa daerah selama mengikuti Dinamika PKN STAN 2018
31. Wajib menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan kampus PKN STAN
32. Dilarang membawa, menyimpan, mengenakan, maupun menggunakan barang-barang di luar dari penugasan atau barang-barang yang tidak berkaitan dengan pelaksanaan Dinamika PKN STAN 2018
33. Dilarang menyinggung SARA dan/atau berperilaku tidak etis
34. Setiap pelanggaran dari ketentuan akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan dari panitia Dinamika PKN STAN 2018

Peralatan yang HARUS Dibawa:

Individu
1. Membawa tas ransel sesuai dengan ketentuan
2. Alat ibadah
a. Bagi yang beragama Islam:
• Wajib membawa sajadah dan sarung
• Dilarang membawa kitab suci (kecuali ditugaskan kemudian)
b. Bagi yang beragama selain Islam menyesuaikan (tidak perlu membawa alat ibadah kecuali diinstruksikan)
3. Payung lipat (harus bisa masuk ke dalam tas ransel)
4. Pulpen satu buah dengan tinta warna hitam (jenis dan merk bebas)
5. Membawa buku ukuran big boss tanpa sampul dan warna bebas
6. Membawa buku penugasan Dinamika PKN STAN 2018 sesuai ketentuan*
7. Menggunakan Co-Card (Tanda Pengenal) setiap mengikuti kegiatan Dinamika*
8. Membawa Kartu Pelanggaran*
*ketentuan diumumkan kemudian
9. Topi Dinamika PKN STAN 2018 (akan diberikan pada saat pelaksanaan Dinamika, selama topi beium didistribusikan oleh Panitia, tidak diperkenankan membawa topi)
10. Sarapan, dibungkus di kantong plastik {kresek) warna putih (bagi yang berpuasa tetap membawa)*
11. Makan siang (berupa makanan berat dan buah), dibungkus di kantong plastik (kresek) wama putih (bagi maba yang berpuasa tetap membawa)*
*Untuk sarapan dan makanan siang dibungkus dalam plastik putih yang terpisah
12. Air minum Kemasan 1,5 L (merk tidak dilepas), bagi maba bergama Islam yang tidak berpuasa maupun berpuasa wajib membawa
13. Air untuk berwudhu untuk maba beragama Islam (1,5 L ditaruh di botol air minum kemasan dan merk dilepas) digunakan untuk dua kali wudhu. Untuk maba selain beragama Islam, air wudhu diganti dengan air minum kemasan 1,5 L (merk tidak dilepas)
14. Wajib membawa uang Rp 10.000,00 - Rp 50.000,00 (dibungkus dalam plastik bening)
15. Membawa kartu kesehatan seperti BPJS atau asuransi lainnya (bagi yang memiliki) dan satu kartu identitas (KTP/SlM/fotokopi Kartu Keluarga/identitas lainnya)
16. Kertas koran dua lembar besar (delapan halaman), digunakan untuk alas
17. Kertas kardus (digunakan untuk alas duduk) berukuran 30cm x30cm
18. Sandal jepit warna dan merk bebas, diberi nama menggunakan spidol permanen warna bebas dan dibungkus kantong plastik (kresek) warna hitam

Kelompok
1. Membawa trashbag berukuran besar dua buah (setiap hari satu kelompok membawa dua buah)
2. Membawa map putih bening satu buah (contoh terlampir) setiap hari dibawa

Peralatan Boleh Dibawa (Opsional):
1. Tempat kacamala (bagi yang menggunakan kacamata)
2. Segala macam kunci
3. Sapu tangan dan/atau tissue saku
4. Surat-surat penting yang dibutuhkan (SIM dan STNK)
5. Obat pribadi
*Semua barang opsional dibimgkiis dalam plastik/kresek bening yang sama

Selama Dinamika PKN STAN 2018 Dilarang Membawa:
1. Handphone/Smartphone/Tablet dan alat komunikasi lainnya
2. Jam tangan
3. Segala macam alat elektronik
4. Dompet
5. Senjata tajam dan/atau benda lain yang berbahaya
6. Rokok, minuman keras, dan lain sebagainya
7. Narkoba dan barang lain yang tergolong NAPZA
8. Peralatan dan perlengkapan kosmetik
9. Benda lain yang tidak diinstruksikan oleh panitia
*Setiap pelanggaran, akan dilakukan penyitaan terhadap barang bawaan

Selama Dinamika PKN STAN 2018, Maba dan Miba Wajib Menghafalkan:
1. Lagu Indonesia Raya
2. Lagu Mars PKN STAN
3. Lagu Totalitas Perjuangan
4. Lagu Darah Juang
5. Lagu Bangun Pemudi Pemuda
6. Tri Dharma Perguruan Tinggi
7. Yel-yel gugus (yang akan diumumkan kemudian)

Mahasiswi Baru (Miba) Diwajibkan Memenuhi Ketentuan Sebagai Berikut:
1. Wama rambut hitam (kecuali uban)
2. Kuku tidak boleh panjang (hams rapi, bersih dan tidak diwama)
3. Menggunakan topi Dinamika PKN STAN 2018
4. Mengenakan dasi panjang berwarna hitam, polos, tanpa motif maupun corak, dan berbahan bebas
5. Mengenakan kemeja dengan ketentuan:
a. Berwarna putih polos tanpa motif maupun corak, tidak ketat {slimfit), dan tidak menerawang
b. Berlengan panjang
c. Bersaku satu atau tidak bersaku sama sekali
d. Kancing berwarna putih atau bening
e. Tidak ada pangkat maupun aksen iainnya
f. Dimasukan ke dalam rok dengan rapi
g. Bagi yang berkerudung, kemeja boleh dikeluarkan

6. Mengenakan rok panjang yang terdapat tempat ikat pinggang dengan panjang sampai mata kaki, dengan ketentuan:
a, Wama hitam polos (tanpa motif dan corak)
b. bahan kain (bukan jeans, chiffon, kaos, dan satin)
c. Standar rok A tidak berampel
d. Tidak ada belahan dan lipatan
e. Tidak transparan
f. Tidak bermodel span dan ketat

7. Mengenakan kaos dalam/sejenisnya yang berlengan dan berwama putih polos
8. Memakai ceiana training/legging wama gelap di dalam rok sampai mata kaki dan dimasukkan ke dalam kaos kaki
9. Menggunakan ikat pinggang standar warna hitam polos (boleh tusuk maupun geser)
10. Mengenakan kaos kaki wama putih polos tanpa motif dan corak(termasuk logo atau lambang apapun), dengan ketentuan: pemakaian minimal 10 cm diatas mata kaki (setengah betis)
11. Mengenakan sepatu berwama hitam termasuk tali (sol dan bagian dalam sepatu diperbolehkan tidak hitam), jenis bebas asalkan nyaman untuk berkegiatan
12. Bagi miba yang berkerudung, kerudung yang digunakan memiliki ketentuan sebagai berikut:
a. Kerudung segiempat berwama putih polos (bukan pashmina)
b. Kerudung tidak bermotif dan bercorak
c. Kerudung tidak berbahan kaos
d. Kerudung tidak transparan
e. Kerudung harus menutupi bagian dada
f. Boleh berjenis rawis
g. Kerudung boleh dirangkap, tetapi harus satu wama
h. Jika memakai ciput, harus berwama gelap
13. Mengenakan pakaian yang rapi dan disetrika
14. Bagi miba yang tidak berkerudung, rambut harus dikucir/diikat satu dengan model
ekor kuda dengan ikat rambut berwama hitam polos (tidak mudah putus,kuat,dan simpel)

15. Mengenakan tas ransel (tas beresleting untuk kantung utama, bukan tas model serut)
warna bebas tanpa gantungan kunci maupun aksesoris lainnya dan harus dapat memuat seluruh barang bawaan
16. Tidak boleh mengenakan dan membawa aksesoris (termasuk jam tangan) segala Jenis perhiasan (gelang, kalung, anting, cincin) kecuali kacamata, gelang yang diwajibkan agama, dan yang akan ditugaskan kemudian
17. Tidak boleh membawa peralatan make up atau kosmetik.
18. Tidak boleh memakai make up atau kosmetik
19. Tidak diperbolehkan menggunakan softlens.
20. Mahasiswi baru wajib menaati jam maiam (22.00 WIB - 04.00 WIB) sejak ketentuan ini diumumkan sampai Dinamika hari terakhir. Pada saat jam tersebut mahasiswa baru harus berada di kos/tempat tinggal masing-masing
21. Dapat beraktivitas kembali di luar kos atau tempat tinggal masing-masing setelah pukul 04.00W1B
22. Wajib menjunjung tinggi 6S: Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, dan Spiritual baik di dalam maupun di luar kampus PKN STAN
23. Wajib datang ke lokasi Dinamika pukul 05.15 WIB - 06.00 WIB kecuali ditentukan lain (sudah melaksanakan salat subuh bagi yang beragama islam), lebih dari itu dianggap terlambat
24. Dilarang memasuki area kampus PKN STAN sebelum gerbang dibuka, (Gerbang yang akan dibuka adalah Gerbang PKN STAN Bintaro, Ceger, Kalimongso, dan Sarmili)
25. Tidak boleh memarkir kendaraan di area kampus PKN STAN
26. Batas pengantaran dan penggunaan kendaraan pribadi maksimal 50 meter dari gerbang yang telah ditentukan
27. Wajib menghapal password yang akan diberikan oleh panitia kemudian, password berfungsi sebagai syarat untuk mengikuti Dinamika setiap harinya
28. Wajib memanggil panitia Dinamika PKN STAN laki-laki dengan sebutan Raka dan perempuan dengan sebutan Rakanita
29. Wajib mematuhi seluruh ketentuan dan rangkaian acara Dinamika PKN STAN 2018 dengan khidmat dan seksama
30. Wajib mengikuti seluruh rangkaian acara Dinamika PKN STAN 2018 yang akan menentukan kelulusan Dinamika
31. Dilarang melakukan hal yang mengganggu, memperlambat, menghambat,dan mengacaukan pelaksanaan acara Dinamika PKN STAN 2018
32. Wajib menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
33. Dilarang menggunakan bahasa daerah selama mengikuti Dinamika PKN STAN 2018
34. Wajib menjaga kebersihan, ketertiban, dan keamanan kampus PKN STAN
35. Dilarang membawa, menyimpan, mengenakan, maupun menggunakan barang-barang di luar dari penugasan atau barang-barang yang tidak berkaitan dengan pelaksanaan Dinamika PKN STAN 2018
36. Dilarang menyinggung SARA dan/atau berperilaku tidak etis
37. Setiap pelanggaran dari ketentuan akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan dari panitia Dinamika PKN STAN 2018

Peralatan yang HARUS Dibawa:

Individu
1. Membawa tas ransel (tas beresleting untuk kantung utama, bukan tas model serut) warna bebas tanpa gantungan kunci maupun aksesoris tas lainnya.
2. Alat Ibadah
a. Dilarang membawa Kitab Suci (kecuali penugasan yang akan diberitahukan kemudian)
b. Bagi Miba beragama Islam:
• Wajib membawa sajadah dan mukena (baik yang sedang dalam keadaan suci maupun haid)
c. Bagi Miba selain beragama Islam menyesuaikan (tidak perlu membawa alat ibadah kecuali diinstruksikan)
3. Payung lipat (harus bisa masuk ke dalam tas ransel).
4. Pembalut dibungkus dengan plastik berwama hitam
5. Ballpoint satu buah dengan tinta wama hitam, jenis dan merk bebas.
6. Buku ukuran big boss tanpa sampul dan warna bebas.
7. Membawa buku penugasan Dinamika PKN STAN 2018 sesuai ketentuan*
8. Menggunakan Co-Card (Tanda Pengenal) setiap mengikuti kegiatan Dinamika*
9. Membawa Kartu Pelanggaran*
*ketentuan diumumkan kemudian
10. Topi Dinamika PKN STAN 2018 (akan diberikan pada saat pelaksanaan Dinamika, selama topi belum didistribusikan oleh Panitia, tidak diperkenankan membawa topi).
11. Sarapan, dibungkus di kantong plastik (kresek) wama putih susu (bagi miba bergama Islam yang tidak berpuasa maupun berpuasa wajib membawa).
12. Makan siang (Makanan berat dan buah), dibungkus di kantong plastik (kresek) wama putih susu (bagi miba bergama Islam yang tidak berpuasa maupun berpuasa wajib membawa).
*Untuk sarapan dan makanan siang silakan dibungkus dalam plastik putih susu
yang terpisah
13. Air minum Kemasan 1,5 L (merk tidak dilepas), bagi maba bergama Islam yang tidak berpuasa maupun berpuasa wajib membawa
14. Air untuk berwudhu untuk maba beragama Islam (1,5 L ditaruh di botol air minum kemasan dan merk dilepas) digunakan untuk dua kali wudhu. Untuk maba selain beragama Islam, air wudhu diganti dengan air minum kemasan 1,5 L (merk tidak dilepas)
15. Uang Rp 10.000,00 - Rp 50.000,00 di dalam plastik/kresek bening.
16. Membawa kartu kesehatan seperti BPJS atau asuransi lainnya (bagi yang memiliki) dan satu kartu identitas (KTP/SIM/fotokopi Kartu Keluarga/identitas lainnya)
17. Kertas koran dua lembar besar (delapan halaman) untuk alas
18. Kertas kardus (digunakan untuk alas duduk) berukuran 30cm x30cm
19. Sandal jepit warna dan merk bebas, diberi nama dan dibungkus kantong plastik (kresek) wama hitam.

Kelompok
1. Untuk kelompok, membawa trashbag berkuruan besar 2 buah (Setiap hari 1 kelompok membawa 2 buah).
2. Untuk kelompok, membawa map putih bening 1 buah, contoh terlampir (Setiap hari dibawa).

Peralatan Boleh Dibawa (Opsional):
1. Tempat kacamata (bagi yang menggunakan kacamata)
2. Segaia macam kunci (jika dibawa silakan dimasukkan ke dalam plastik/kresek bening)
3. Sapu tangan dan tissue saku
4. Surat-surat penting yang dibutuhkan (SIM dan/atau STNK)
5. Obat pribadi di dalam plastik/kresek bening
*Semua barang opsional dibungkus dalam plastik/kresek bening yang sama

Selama Dinamika PKN STAN 2018 Dilarang Membawa:
1. Handphone/Smartphone/Tablet dan alat komunikasi lainnya
2. Jam tangan
3. Segala macam alat elektronik
4. Dompet
5. Senjata tajam dan/atau benda lain yang berbahaya
6. Rokok, minuman keras, dan lain sebagainya
7. Narkoba dan barang lain yang tergolong NAPZA
8. Peralatan dan perlengkapan kosmetik
9. Benda lain yang tidak diinstruksikan oleh panitia
*Setiap pelanggaran, akan dilakukan penyitaan terhadap barang bawaan

Selama Dinamika PKN STAN 2018, Maba dan Miba Wajib Menghafalkan:
1. Lagu Indonesia Raya
2. Lagu Mars PKN STAN
3. Lagu Totalitas Perjuangan
4. Lagu Darah Juang
5. Lagu Bangun Pemudi Pemuda
6. Tri Dharma Perguruan Tinggi
7. Yel-yel gugus (yang akan diumumkan kemudian)
8. Jingle Dinamika PKN STAN 2018


Ya ampun banyak banget kan tata tertib saat melaksanakan DINAMIKA, memang begitu teman-teman, namanya juga masa orientasi, agar kita terlatih untuk disiplin dan tertib terhadap peraturan yang ada.

Selanjutnya pengalaman saat DINAMIKA akan saya rinci sebagai berikut :

PraDINAMIKA DAY 1 dan 2. 
Hari pertama, PraDINAMIKA aku merasa deg-deg an wkwk, namanya juga maba harap dimaklumi wkwk. Pertama tuh gilaaa rame banget kayak kerumunan semut, mau masuk ke area kampus aja sampai macet astagaaa, soalnya aku kos di PJMI kan, aku pergi ke area kampus lewat Kalimongso, nah di gang-gang Kalimongso rame banget dipenuhi maba-miba yang berbondong-bondong antri menuju lapangan apel, tak lupa saat memasuki area kampus para raka dan rakanita p2 tersebar di area kampus, merekalah yang biasanya ditakuti oleh maba dan miba karena tegas dan disiplin. Saat masuk area kampus jangan lupa untuk memberi salam kepada elemen-elemen kampus yang ada termasuk raka dan rakanita. Saat itu kelompok saya disuruh kumpul di lapangan A untuk melaksanakan apel dan opening. Oh iyaaa pada PraDINAMIKA dan DINAMIKA dibagi menjadi 2 kloter, jadi ada kloter 1 dan kloter 2 dengan masuk berganti selang seling harinya, ini untuk mengantisipasi tidak muatnya area kampus wkwk, bayangkan kurang lebih 7.000 orang berkumpul menjadi satu di area kampus, sangat sulit mengordinir tersebut. Pas apel seperti biasa dilakukan sambutan, pidato, dan para maba miba disuruh berbaris sesuai kelompok, sebelumnya kita disuruh untuk memakan bekal yang kita bawa, untuk itu jangan sampai datangnya terlambat, nanti bisa-bisa nggak sarapan. Setelah itu biasanya anggota p2 akan mengambil alih acara apel, biasanya akan ditagih berupa penugasan yang telah kita kerjakan, dan memberikan sanksi bagi yang melanggar, namun pada PraDINAMIKA, pelanggaran belum diberikan sanksi hanya berupa teguran saja. Setelah melaksanakan apel kita akan melaksanakan moving ke Student Center yang akan dipimpin oleh raka dan rakanita p2. Moving dilaksanakan dengan cara berlari tidak dengan berjalan, kalau berjalan ketauan p2 bisa-bisa nanti ditegur dan diperingatkan. Namun perlu diketahui jangan main-main sama p2, bisa-bisa nanti akan mendapat hukuman berat. Dari lapangan A menuju student center lumayan cukup jauh sih. Setelah sampai di Student Center kita akan mendapatkan bekal seminar dan penampilan pertunjukan yang tentunya sangat menarik. Setelah memasuki waktu sholat dzuhur, maba dan miba yang beragama muslim melaksanakan sholat di Student Center, setelah itu akan melanjutkan lagi seminar dan pertunjukannya. Setelah selesai acara di Student Center, kita akan kembali lagi ke lapangan A untuk melaksanakan apel penutupan, dan kira-kira selesai pukul 5 sore. Untuk PraDINAMIKA DAY 2 kurang lebih sama seperti cerita di atas.

Berikut merupakan foto-foto kilas balik PraDINAMIKA DAY 1 dan 2.



DINAMIKA DAY 1, 2, 3, dan 4.
Pada Hari Pertama, seperti biasa kayak PraDINAMIKA, saat itu aku sama gugus kelompokku di suruh apel ke lapangan A. Perbedaanya saat Pra dengan DINAMIKA yang sesungguhnya, sangat mencolok sekali. P2 tidak segan-segan memberikan hukuman bagi mereka yang melanggar sekecil apapun, jadi di sana kita tidak mempunyai ruang untuk lolos dari pelanggaran apapun yang kita lakukan. Terlebih jika kita melakukan pelanggaran, lebih baik jujur saja, daripada bohong, nanti akan lebih parah hukumannya, yang mulanya hanya ringan, bisa menjadi berat. Pada saat apel DINAMIKA kita disuruh makan sarapan seperti biasa, harus dihabiskan, jangan sampai sisa. Setelah itu apel dimulai, raka acara memberikan motivasi-motivasi dan pidato mahasiswa kepada kita. Setelah itu gantian raka p2 yang mengambil alih acara, pada saat itu kita di lapangan A diberikan bekal PBB (Peraturan Baris Berbaris). Setelah itu kita juga diberikan pidato tentang pentingnya kedisiplinan, jangan sampai kita berbuat kesalahan dan melanggar peraturan. Biasanya p2 akan berkeliling-keliling di barisan kelompok, untuk mengawasi gerak-gerik kita serta kelengkapan pakaian yang kita gunakan. Tidak segan-segan p2 memarahi kita, jadi jangan sampe buat onar yaaa wkwk. Tapi tenang kok, p2 ngga main fisik. Dari Day 1/2/3/4 pasti akan dilakukan namanya sidak barang-barang di tas, jangan sampai kita membawa apa yang ga harus dibawa. Bisa-bisa barang kita disita selain itu kita juga dapat hukuman. Hukuman di DINAMIKA digolongkan menjadi ringan, sedang, berat, dan sangat berat. Tentunya hukuman tersebut memiliki sanksi yang berbeda-beda sesuai tingkatannya. Setelah melakukan sidak, kita akan moving ke Student Center seperti biasa untuk memperhatikan seminar dan pertunjukan. Oh iyaaa pas day 3/4 akan melakukan mozaic oleh maba dan miba. Jadi ntar kita diberi karton untuk membentuk sebuah mozaic yang indah. Selain itu pas DINAMIKA 2018, sangat beruntung sekali karena Ibu Menteri Keuangan (Ibu Sri Mulyani) datang untuk melihat acara DINAMIKA. Untuk Day 1/2/3 seperti biasa diakhiri dengan apel sore. Untuk Dinamika Day 4 akan dilakukan pelantikan mahasiswa di Lapangan Mini Soccer. Untuk Day 4 kalian harus siap-siap fisik yang kuat, karena sebenarnya aku hampir pingsan pas Day 4, soalnya aku lagi kurang fit, trs ditambah lupa membawa slayer untuk melindungi kepala, jadi tuh Day 4 itu full di Lapangan Mini Soccer sambil membuat mozaic, dari pagi sampai siang sekitar jam 2. Lalu setelah selesai, kita jam 4 disuruh untuk kembali lagi ke Lapangan Mini Soccer untuk acara penutupan. Dan akhir acara itu kita seru-seruan pokoknya. YEY akhirnya DINAMIKA selesaiiii, kita pun resmi menjadi mahasiswa dan mahasiswi baru PKN STAN. Eiiiittt ternyata tidak sampai disitu, masih ada Capbull (Capacity Building), acara ini untuk meningkatkan pembentukan karakter nasionalisme kepada mahasiswa.




Mungkin cukup ini saja cerita singkat dari saya, semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar di bawah yaaa. Terima kasih.

Kumpulan Soal Dan Pembahasan UTUL UGM Lengkap

23:56 Add Comment
Kumpulan Soal Dan Pembahasan UTUL UGM Lengkap


Hai teman-teman kali ini saya akan membagian kepada anda kumpulan soal dan pembahasan UTUL UGM dari tahun 2005 sampai dengan sekarang. Tentunya akan selalu diperbarui terus oleh admin kita. File yang akan kami berikan sudah tersusun rapi dari mulai soal-soal kemampuan dasar, kemampuan IPA, kemampuan IPS, dan terakhir kunci jawaban serta pembahasan.


Sebelum kami berikan file tersebut, alangkah baiknya kita mengenal apa itu UTUL UGM? Ujian Tulis atau yang biasa disingkat dengan UTUL UGM merupakan salah satu proses seleksi untuk dapat masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh pihak UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK agar dapat mengikuti seleksi dengan memilih 3 program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1 Sekolah Vokasi).


Tentunya bagi kalian yang ingin mengikuti UTUL UGM, pastinya sudah tidak sabar dalam mengikuti tes tersebut. Namun akan tetapi akan lebih baik kita mempersiapkan diri dalam menghadapi tes tersebut, agar nantinya mendapatkan nilai maksimal serta diterima perguruan tinggi tersebut. Persiapan yang dapat dilakukan antara lain belajar materi, mendalami materi, serta melatih diri kita dalam mengerjakan soal.


Dengan memperbanyak latihan, tentu saja kita semakin mengasah skill dalam pendalaman materi. Sehingga tidak kaget apabila soal yang dibuat dari suatu materi dengan sedikit pengubahan. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut kumpulan soal dan pembahasan UTUL UGM yang dirangkum oleh redaksi Ilmu Malas :

Cara Mendapatkan File

1. Pilih salah satu pilihan mata pelajar yang inginkan,

2. Klik tautan soal UTUL UGM yang diinginkan,

3. Scroll ke bawah hingga menemui kotak safelink,

4. Masukan password yang sudah saya berikan di bawah,

5. Tunggu hingga tautan file muncul.



Password Safelink : ilmumalas



Kumpulan Soal Dan Pembahasan UTUL UGM Lengkap

UTUL UGM 2005 (Lengkap)

Klik Disini
click to begin
1.0MB .pdf



UTUL UGM 2006 (Lengkap)

Klik Disini
click to begin
1.0MB .pdf





UTUL UGM 2007 (Lengkap)

Klik Disini
click to begin
0.9MB .pdf





UTUL UGM 2008 (Lengkap)

Klik Disini
click to begin
1.0MB .pdf






UTUL UGM 2009 (Lengkap)

Klik Disini
click to begin
9.0MB .pdf







UTUL UGM 2010 (Belum Fix)

Klik Disini
click to begin
UTUL UGM 2010







UTUL UGM 2011 (UGM Tidak Menyelengarakan UTUL)


UTUL UGM 2012 (UGM Tidak Menyelengarakan UTUL)


UTUL UGM 2013 (Belum Fix)

Klik Disini
click to begin
UTUL UGM 2013








UTUL UGM 2014 (Belum Fix)

Klik Disini
click to begin
UTUL UGM 2014








UTUL UGM 2015 (Belum Fix)

Klik Disini
click to begin
UTUL UGM 2015









UTUL UGM 2016 (Belum Fix)

Klik Disini
click to begin
UTUL UGM 2016








UTUL UGM 2017 (Belum Tersedia)








UTUL UGM 2018 (Belum Tersedia)




Demikian artikel saya tentang kumpulan soal dan pembahasan UTUL UGM lengkap, semoga bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini apabila merasa bermanfaat, terima kasih.

Cara Menerjemahkan Dokumen Bahasa Asing Ke Bahasa Indonesia Secara Online

23:30 Add Comment
Cara Menerjemahkan Dokumen Bahasa Asing Ke Bahasa Indonesia Secara Online

Hai teman-teman, bertemu lagi dengan admin. Kali ini saya akan berbagi tips dan trik dalam menerjemahkan dokumen yang menggunakan bahasa asing ke dalam bentuk bahasa Indonesia. Biasanya kita akan sedikit kesulitan dalam memahami dokumen yang menggunakan bahasa asing, oleh karena itu kita dapat terjemahkan agar dapat memudahkan kita dalam memahami dokumen tersebut.


Menerjemahkan dokumen bahasa asing dengan cara konvensional akan cukup banyak memakan waktu, oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas tentang cara menerjemahkan dokumen secara otomatis tentunya dengan koneksi internet. Dalam menerjemahkan dokumen ini cukup lumayan akurat dalam perbendaharaan katanya, namun selain itu masih terdapat kekurangan yaitu hanya teks saja yang dapat diterjemahkan, gambar dalam ppt tersebut tidak dapat diterjemahkan secara otomatis.


Langsung saja bagaimana cara untuk menerjemahkan dokumen bahasa asing ke bahasa Indonesia, kita bahas berikut ini :


Langkah

1. Kunjungi website di bawah ini,

Doc Translator
click to view


2. Setelah itu scroll agak ke bawah dan tekan menu "terjemahkan sekarang",

3. Setelah itu unggah file yang akan kita terjemahkan,

4. Setelah itu tinggal unduh file yang sudah diterjemahkan.


Demikian tutorial singkat tentang cara menerjemahkan dokumen bahasa asing ke bahasa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, teima kasih.

Mars Darah Juang

03:15 Add Comment
Mars Darah Juang

Lirik


Mars Darah Juang
Di sini negeri kami
Tempat padi terhampar
Samuderanya kaya raya
Tanah kami subur tuan

Di negeri permai ini
Berjuta Rakyat bersimbah rugah
Anak buruh tak sekolah
Pemuda desa tak kerja

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda relakan darah juang kami
Tuk membebaskan rakyat

Mereka dirampas haknya
Tergusur dan lapar
Bunda relakan darah juang kami
Padamu kami berjanji


File Audio (.mp3)


Klik Disini
click to begin
1.0MB .mp3


Cara Mendapatkan File
1. Klik tautan yang ada di atas,

2. Scroll ke bawah hingga menemui kotak safelink,

3. Masukan password yang sudah saya berikan di bawah,

4. Tunggu hingga tautan file muncul.


Password Safelink : ilmumalas

Mars Totalitas Perjuangan

03:11 Add Comment
Mars Totalitas Perjuangan

Lirik


Mars Totalitas Perjuangan

Kepada para mahasiswa
Yang merindukan kejayaan
Kepada rakyat yang kebingungan
Di persimpangan jalan
Kepada pewaris peradaban
Yang telah menggoreskan
Sebuah catatan kebanggaan
di lembar sejarah manusia

Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang turun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta
Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang turun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta


File Audio (.mp3)


Klik Disini
click to begin
2.8MB .mp3


Cara Mendapatkan File
1. Klik tautan yang ada di atas,

2. Scroll ke bawah hingga menemui kotak safelink,

3. Masukan password yang sudah saya berikan di bawah,

4. Tunggu hingga tautan file muncul.


Password Safelink : ilmumalas

Mars Politeknik Keuangan Negara STAN

00:06 Add Comment
Mars Politeknik Keuangan Negara STAN


Lirik


Mars PKN STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN
Berbakti meraih cita mulia
Demi kejayaan bumi persada kita
Penuhi panggilan nusa

Teguh terampil dan berbudi karya
Berdiri hadapi tantangan dunia
Bekal ilmu mengabdi tuk nusa dan bangsa
Mengelola keuangan negara

Terus maju menjunjung Pancasila
Harapan bangsa di pundak kita
Semangat lah untuk
Indonesia tercinta

Politeknik Keuangan Negara STAN
Berbakti meraih cita mulia
Demi kejayaan bumi persada kita
Penuhi panggilan nusa

Indonesia tercinta



File Audio (.mp3)


Klik Disini
click to begin
1.4MB .mp3


Cara Mendapatkan File
1. Klik tautan yang ada di atas,

2. Scroll ke bawah hingga menemui kotak safelink,

3. Masukan password yang sudah saya berikan di bawah,

4. Tunggu hingga tautan file muncul.


Password Safelink : ilmumalas

Latihan Soal Sejarah Pembagian Zaman Berdasar Geologi

08:59 Add Comment
Latihan Soal Sejarah Pembagian Zaman Berdasar Geologi

A. Pilihan Ganda

1. Pada zaman dahulu paham yang mengatakan bahwa bumi merupakan pusat dari semesta alam dikenal dengan istilah...
a. Geo steady theory,
b. Neosentrisme,
c. Geosentrisme,
d. Heliosentrisme,
e. Mikrokosmos.

2. Salah satu tokoh yang mendukung teori ledakan besar (big bang theory) adalah...
a. Thomas Gold,
b. Geoge Lemaitre,
c. Fred Hoyle,
d. Herman Bondi,
e. Galileo Galilei.

3. Galaksi yang memiliki bentuk seperti pilinan yang amat besar dengan terdapat sebuah nukleus atau inti di tengah dan cakram merupakan pengertian dari galaksi...
a. Spiral,
b. Elips,
c. Tak beraturan,
d. Hexagonal,
e. Lingkaran.

4. Immanuel kant mengemukakan bahwa terbentuknya tata surya berawal dari gumpalan kabut yang berputar perlahan-lahan sehingga bagian tengah tersebut berupah menjadi gumpalan gas dan membentuk matahari, serta bagian pinggir membentuk planet-planet merupakan pengertian hipotesis tata surya dari teori...
a. Planeesimal,
b. Pasang surut,
c. Bintang kembar,
d. Big bang,
e. Nebula.

5. Zaman kedua dari zaman geologi disebut dengan zaman...
a. Neozoikum,
b. Paleozoikum,
c. Arkaikum,
d. Tersier,
e. Mesozoikum.

6. Zaman dimana sudah mulai muncul hewan-hewan besar seperti Dinosaurus merupakan tanda-tanda dari zaman...
a. Neozoikum,
b. Mesozoikum,
c. Tersier,
d. Kuarter,
e. Plestosen.

7. Zaman geologi yang berlangsung sekitar 65 sampai dengan 55 juta tahun yang lalu dengan ditandai dengan keadaan bumi yang semakin membaik dan perubahan cuaca tidak begitu ekstrim disebut dengan zaman...
a. Arkaikum,
b. Paleozoikum,
c. Mesozoikum,
d. Neolitikum,
e. Neozoikum

8. Zaman yang mana pada saat itu temperatur mengalami kenaikan sehingga lapisan es di kutub utara mencair dan membuat tinggi permukaan naik terjadi pada zaman...
a. Holocen,
b. Interglasial,
c. Glasial,
d. Paleolitikum,
e. Alluvium.

9. Penemuan fosil oleh Dr. Eugene yang ditemukan di lapisan Trinil dan digadang-gadang sebagai missing link (penghubung antara kera dengan manusia) disebut dengan...
a. Pithecantropus Erectus,
b. Megantropus Palaeojavanicus,
c. Pithecantropus Mojokertensis,
d. Pithecantropus Robustus,
e. Homo Wajakensis.

10. Penemuan fosil  oleh Von Rietshoten yang ditemukan di lapisan Ngandong serta disebut sebagai nenek moyang Australia disebut dengan...
a. Homo Wajakensis,
b. Homo Soloensis,
c. Homo Australiensis,
d. Pithecantropus Erectus,
e. Megantropus Palaeojavanicus.

11. Jenis manusia purba yang memiliki ciri-ciri volume otak 450cc, tulang pipi tebal, tulang kening menonjol ke depan, tidak memiliki dagu, dan memakan tumbuh-tumbuhan merupakan ciri-ciri dari...
a. Megantropus,
b. Pithecantropus,
c. Homo,
d. Kera,
e. Manusia peralihan.

12. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri jenis manusia purba Homo adalah...
a. Berat badan sekitar 30 sampai dengan 150 kg,
b. Volume otak sekitar 750 sampai dengan 900 cc,
c. Berjalan tegak,
d. Mulut menonjol ke depan,
e. Muka dan hidung lebar.

13. Pithecantropus Robustus merupakan penemuan fosil manusia purba yang ditemukan oleh...
a. Dr. Eugene,
b. Weidenreich,
c. Ter Haar,
d. Oppenoorth,
e. Tjokrohandojo.

14. Jenis manusia purba yang memiliki ciri volume otak 750-900 cc, rahang bawah kuat, tidak berdagu, dan kening menonjol ke depan merupakan ciri dari...
a. Pithecantropus,
b. Homo,
c. Megantropus,
d. Kera,
e. Manusia peralihan.

15. Berikut ini jenis fosil manusia purba yang ditemukan di lapisan Ngandong antara lain...
a. Megantropus Palaeojavanicus, Pithecantropus Robustus, dan Pithecantropus Mojoketensis,
b.  Megantropus Palaeojavanicus, Pithecantropus Mojoketensis, dan Homo Soloensis,
c.  Pithecantropus Robustus, Pithecantropus Erectus,
d. Homo Wajakensis dan Pithecantropus Erectus,
e. Homo Soloensis dan Homo Wajakensis

16. Berikut ini merupakan urutan lapisan dari atas ke bawah pleistosen secara urut adalah...
a. Ngandong, Trinil, dan Jetis,
b. Trinil, Jetis, dan Ngandong,
c. Jetis, Ngandong, dan Trinil,
d. Ngandong, Jetis, dan Trinil,
e. Jetis, Trinil, dan Ngandong.

17. Geologi Belanda yang berhasil menemukan jenis fosil manusia purba di lapisan Ngandong ialah...
a. Ter Haar dan Weidenreich,
b. Ter Haar dan Oppenoorth,
c. Dr. Eugene dan Oppenoorth,
d. Dr. Eugene dan Weidenreich,
e. Ter Haar dan Von Koenigswald.

18. Menurut para ahli jenis fosil manusia purba dinamakan Pithecantropus Robustus yang memiliki arti...
a. Manusia besar dari Jawa,
b. Manusia kera berasal dari Mojokerto,
c. Manusia kera kuat,
d. Manusia kera tegak,
e. Manusia cerdas.

19. Proses pengumpulan makanan pada masa berburu dan meramu dikenal dengan istilah...
a. Food producing,
b. Food gathering,
c. Food cooking,
d. Food Croping,
e. Harvest.

20. Teknik pembuatan logam yang dapat digunakan berulang kali disebut...
a. Pahat,
b. A cire perdue,
c. Bilvave,
d. Tempa,
e. Cetak.


B. Soal Esai

1. Jelaskan teori yang menyebabkan kepunahan reptil besar!

2. Sebutkan perbedaan ciri-ciri antara manusia purba homo dengan megantropus!

3. Bagaimakah letak Indonesia jika dilihat dari lempeng dunia?

4. Sebutkan local genius yang disebutkan oleh Breandes!

5. Jelaskan yang dimaksud teknik bilvave dan a cire perdue!