Laporan Praktikum Uji Tekanan Darah

17:24
Laporan Praktikum Uji Tekanan Darah

A. Tujuan

1. Menghitung tekanan darah probandus,
2. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan darah.


B. Dasar Teori

Darah adalah cairan yang terdapat pada semua makhluk hidup tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia dari hasil metabolisme, serta sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri.
Tekanan darah adalah tekanan cairan darah terhadap pembuluh darah yang merupakan kelanjutan sistole dan distole dengan mengukur dengan alat ukur yang bernama sphignomanometer. Sistole merupakan proses mengkerutnya jantung atau kontraksi darah keluar dari jantung. Distole merupakan proses mengembangnya jantung atau relaksasi darah masuk ke jantung. Faktor yang mempengaruhi tekanan darah adalah usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, dan kesehatan.

Dikutip dan disunting dari LKS Biologi Kelas 11 CV Pustaka Mulia.



C. Alat Dan Bahan

Alat yang digunakan untuk praktikum :
a. 1 buah tensimeter,
b. 1 buah stetoskop.

Bahan yang digunakan dalam praktikum :
a. 4 orang probandus.



D. Cara Kerja

1. Menyiapkan alat-alat yang akan digunakan,
2. Menyiapkan probandus yang akan diukur tekanan darahnya,
3. Mencari denyut nadi probandus,
4. Memasangkan stetoskop pada denyut nadi yang telah ditemukan,
5. Memasangkan kain pembalut tiga jari diatas denyut nadi,
6. Menekan bulp hingga denyut nadi tidak terasa dan terdengar lagi,
7. Membuka perlahan penutup bulp hingga denyut terasa dan terdengar kembali,
8. Memperhatikan angka denyut nadi kembali muncul,
9. Mencatat hasilnya.



E. Tabel Pengamatan

Uji Tekanan Darah
No NamaTekanan Darah
1.Ananda P. N.100/80 mmHg
2.Dena O. C.80/70 mmHg
3.Nesya R. M.90/80 mmHg
4.Renaldy R. R.110/100mmHg



F. Analisis Data

1. Pada percobaan uji tekanan darah pada probandus pertama yaitu Ananda memiliki tekanan darah 100/80 dimana angka 100 menunjukkan sistole dan angka 80 menunjukkan distole. Pada tekanan jantung saat sistole normal adalah ±120mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung sistole lebih rendah dari tekanan normal. Pada tekanan jantung saat distole normal adalah ±80mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung distole yang normal.
2. Pada percobaan uji tekanan darah pada probandus kedua yaitu Dena O. C. memiliki tekanan darah 80/70 dimana angka 80 menunjukkan sistole dan angka 70 menunjukkan distole. Pada tekanan jantung saat sistole normal adalah ±120mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung sistole lebih rendah dari tekanan normal. Pada tekanan jantung saat distole normal adalah ±80mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung distole lebih rendah dari tekanan normal.
3. Pada percobaan uji tekanan darah pada probandus ketiga yaitu Nesya R. M. memiliki tekanan darah 90/80 dimana angka 90 menunjukkan sistole dan angka 80 menunjukkan distole. Pada tekanan jantung saat sistole normal adalah ±120mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung sistole lebih rendah dari tekanan normal. Pada tekanan jantung saat distole normal adalah ±80mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung distole yang normal.
4. Pada percobaan uji tekanan darah pada probandus keempat yaitu Renaldy R. R. memiliki tekanan darah 110/100 dimana angka 110 menunjukkan sistole dan angka 100 menunjukkan distole. Pada tekanan jantung saat sistole normal adalah ±120mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung sistole lebih rendah dari tekanan normal. Pada tekanan jantung saat distole normal adalah ±80mmHg, hal ini maka tekanan jantung dari probandus memiliki tekanan jantung distole lebih tinggi dari tekanan normal.



G. Diskusi

1. Apa yang dimaksud dengan hipertensi dan hipotensi?
Hipertensi adalah penyakit yang diderita oleh seseorang akibat memiliki tekanan darah tinggi, hipotensi adalah penyakit yang diderita oleh seseorang akibat memiliki tekanan darah rendah.



H. Kesimpulan

Faktor-faktor yang memengaruhi tekanan darah adalah usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas jasmani, dan kesehatan. Denyut nadi pertama disebut sistole dan yang kedua adalah distole. Satuan tekanan darah adalah mmHg.


H. Daftar Pustaka

Anonim. 2016. LKS Biologi Kelas 11. Surakarta: CV Pustaka Mulia


I. Identitas



                                                                                                        Surakarta, 26 November 2016
       Penguji                                                                                                  Praktikan



   Novaristiana R.                                                                             Renaldy Rizki Ramadani
   NIM K4313049                                                                                        NIS 17343

Share this

I'm CEO & Founder in http://ilmumalas.blogspot.com & http://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments