Materi Tes Bahasa Inggris Causative Verb

02:55
Materi Tes Bahasa Inggris Causative Verb

Hai teman-teman pejuang PKNSTAN kali ini bertemu lagi dalam bahasan materi Tes Bahasa Inggris. Kali ini kita akan membahas materi causative. Sebenarnya materi ini sangat ringkas dan sederhana, namun tidak boleh disepelekan, karena bisa saja soal ini keluar dan membuat anda bingung jenis tipe yang anda kerjakan. Soal tipe causative juga merupakan langganan tiap tahun keluar dalam SPMB maupun USM PKNSTAN.


Causative merupakan materi dalam Bahasa Inggris untuk menyatakan seseorang menginginkan seseorang yang lain melakukan sesuatu. Dalam materi ini, causative dibedakan menjadi 2 jenis yaitu causative aktif dan causatif pasif. Causative aktif digunakan untuk objek yang melakukan pekerjaan, sedangkan causative pasif digunakan untuk objek yang dikenai pekerjaan.



Sebenarnya banyak sekali causative verb selain apa yang akan saya jelaskan, namun beberapa causative verb di bawah ini yang paling krusial menurut saya, anda bisa mencari daftar causative verb sebagai tambahan pengetahuan jika anda ingin mengetahuinya. Berikut merupakan penjelasan dari materi ini :


1. Active Causative,

Active causative merupakan kalimat yang digunakan untuk menyatakan seseorang menginginkan objek yang melakukan pekerjaan.

Rumus 1 : Subject+Let/Make/Have+Complement+V1
Rumus 2 : Subject+Get/Ask+Complement+To+V0
Causative verb (Let/Make/Have/Get/Ask) tergantung pada tenses yang digunakan.

Contoh :

  • I made Kiki do my homework yesterday.
  • My mother asks John to buy the kitchen spices in the market.


2. Passive Causative,

Passive causative merupakan kalimat yang digunakan untuk menyatakan seseorang menginginkan objek yang dikenai pekerjaan.


Rumus : Subject+Let/Make/Have/Get/Ask+Complement+V3
Causative verb (Let/Make/Have/Get/Ask) tergantung pada tenses yang digunakan.

Contoh :

  • Christopher lets his smartphone repaired.
  • Muhammad had his letter sent.


Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments