Materi Sejarah Terbentuknya Kepulauan Indonesia

01:51
Materi Sejarah Terbentuknya Kepulauan Indonesia

Negara kita Indonesia tercinta ini terdiri atas 5 pulau besar, diantaranya yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Selain itu juga terdapat serangkaian pulau-pulau kecil yang tergabung menjadi kepulauan nusantara atau kepulauan Indonesia. Di Indonesia sendiri juga terdapat lebih 400 gunung berapi dan 130 diantaranya masih tergolong gunung berapi yang aktif. Sebagian dari gunung-gunung tersebut juga terletak di dasar laut dan tidak terlihat dari permukaan laut. Di Indonesia terdapat banyak sekali gunung-gunung berapi disebabkan karena Indonesia dilalui oleh Ring of Fire atau rangkaian gunung berapi. Selain itu juga terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia.


Indonesia terletak pada pertemuan 4 lempeng besar dunia yaitu Lempeng Pasifik, Filipina, Eurasia, dan Indo-Australia. Setiap lempeng tersebut selalu bergerak sekitar 5-9cm pertahun. Namun, karena bebatuan yang bergerak cukup besar, maka energi yang dibutuhkan pun juga besar pula. Hal tersebut memiliki dampak pada aktivitas vulkanisme, tektonisme, atau bahkan gempa bumi di wilayah Indonesia.


Teori tektonik lempeng (plate tectonic) merupakan teori yang menjelaskan bahwa pergerakan yang terjadi di kulit bumi sehingga menimbulkan bentuk permukaan bumi seperti sekarang ini.


Menujamnya lempeng dasar samudra disebabkan oleh desakan lempeng benua yang lebih keras dan tebal. Tempat tersebut akan terbentuk palung laut yaitu dasar laut yang dalam dan memanjang. Dampaknya terhadap wilayah Indonesia adalah membuat wilayah Indonesia menjadi rawan terjadi gempa bumi.


Pergerakan subduksi antara dua lempeng menimbulkan deretan gunung berapi dan parit samudra. Demikian pula dari subduksi antara lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia menyebabkan terbentuknya deretan gunung berapi yang tak lain adalah Bukit Barisan di Pulau Sumatra dan deretan gunung berapi di sepanjang Pulau Jawa, Bali, dan Lombok. Selain itu juga terbentuk parit samudra yaitu Parit Jawa (Sunda). Lempeng tektonik terus bergerak, suatu saat gerakannya akan menimbulkan gesekan atau benturan yang cukup keras. Jika hal ini terjadi, maka akan timbul gempa dan tsunami, serta meningkatnya kenaikan magma ke permukaan bumi.


Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, sampai kepulauan di nusa tenggara terbentuk disebabkan oleh adanya sebuah aktivitas vulkanisme di bawah permukaan bumi, maka hasil yang dapat dirasakan di permukaan bumi adalah adanya lava (cariran larutan magma pijar yang mengalir keluar dari dalam bumi). Lambat laun lava tersebut akan memadat dan bertambah besar dan membentuk sebuah busur pulau. Proses ini disebut Island Arc.


Pulau Sulawesi terbentuk yang disebabkan oleh pertemuan lempeng Indo-Australia, Filipina, Eurasia, dan lempeng mikro lain di daerah tersebut.


Pulau Irian Jaya dan Kalimantan memiliki kesamaan dalam proses terbentuknya, keduanya terbentuk akibat pecahnya superbenua pada awal terbentuknya permukaan bumi, hal ini sesuai dengan teori tektonik lempeng yang menyebutkan bahwa dahulu seluruh daratan di muka bumi adalah satu daratan yang sangat luas yang bernama Pangea yang terpecah menjadi dua yaitu Godwana (utara) dan Laurasia (selatan). Seiring berjalannya waktu kedua lempeng besar tersebut terpecah-pecah menjadi pecahan benua-benua seperti sekarang.


Proses terbentuknya pulau-pulau kecil sangat sederhana dibandingkan terbentuknya pulau besar. Mereka berasal dari endapan pecahan koral, kerang, dan binatang laut lainnya. Semakin lama semakin besar, dan akhirnya terbentuk pulau baru.

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments