Materi Biologi Manfaat Dan Bahaya Perkembangan Biologi

20:08
Materi Biologi Manfaat Dan Bahaya Perkembangan Biologi

Dewasa ini biologi telah memberikan peranan yang nyata bagi kehidupan manusia. Biologi sudah mampu diterapkan untuk meringankan pekerjaan manusia dan mampu berperan untuk menyejahterakan manusia. Biologi juga berperan dalam bidang pertanian, kedokteran, lingkungan, farmasi, bioteknologi, dan masih banyak lagi.

Peranan biologi dalam kehidupan sehari-hari dapat berupa berikut ini :

1. Pertanian,
Ditemukannya teknik penanaman hidroponik, pemanfaatan hormon terhadap tumbuhan, budi daya tanaman tanpa bahan kimia berbahaya, pemberantasan hama, penemuan bibit unggul, dan masih banyak lagi.

2. Kedokteran,
Ditemukan teknik fertilisasi bayi tabung atau dikenal dengan in vitro, ditemukan teknologi transplantasi organ tubuh, pengobatan dengan sel induk atau stem cell, pengobatan menggunakan hormon, dan masih banyak lagi.

3. Lingkungan,
Ditemukan teknologi untuk mengidentifikasi mikroba yang dapat dimanfaatkan untuk menangani limbah secara biologis seperti menanggulangi tumpahan minyak mentah di laut dengan bakteri Marinobacter, pelestarian terumbu karang dan kawasan hutan bakau, dan masih banyak lagi.

4. Farmasi,
Ditemukannya rekayasa genetika, penemuan macam-macam antibiotik, pengembangan vaksin,  penemuan senyawa alami baru untuk pengobatan, dan masih banyak lagi.

5. Bioteknologi,
Ditemukannya teknik kultur jaringan, eksplorasi jenis tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan manusia, pengolahan bahan alam untuk kepentingan manusia, penggunaan mikroba untuk fermentasi, dan masih banyak lagi.


Namun selain manfaat yang didapat dari perkembangan biologi, sayangnya biologi juga dapat memberikan dampak bahaya bagi kehidupan manusia seperti berikut ini :

1. Revolusi hijau dalam bidang pertanian yang memicu timbulnya masalah, seperti punahnya plasma nutfah, pencemaran tanah dan air, dan terganggunya keseimbangan lingkungan.

2. Penggunaan antibiotik dalam jangka waktu yang lama akan memicu timbulnya kuman dengan strain baru yang lebih resisten dengan antibiotik yang telah ada.

3. Penyalahgunaan dengan mengembangkan senjata biologi untuk manusia.

4. Pelanggaran hukum dan norma masyarakat, seperti teknik bayi tabung dengan sperma yang bukan dari suami yang sah.

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.blogspot.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments