Materi Tes Bahasa Inggris Clause

00:44
Materi Tes Bahasa Inggris Clause
Hai teman-teman PKN STAN. Kali ini saya akan membagikan materi Tes Bahasa Inggris. Materi Tes Bahasa Inggris kali ini adalah clause. Seperti yang kita tahu clause merupakan kalimat sederhana yang hanya terdiri dari subjek dan predikat. Clause dalam Bahasa Inggris dibedakan menjadi 3 jenis yaitu adjective clause, noun clause, dan adverbial clause.


Clause memiliki beberapa fungsi dalam suatu kalimat. Pertama clause dapat berperan sebagai subjek maupun objek. Kedua clause dapat berperan sebagai adjective yang dapat menggambarkan noun. Ketiga clause dapat berperan untuk memberikan keterangan tambahan dalam sebuah kalimat.


Berikut merupakan penjelasan lengkap dari ketiga jenis clause :

1. Adjective Clause,

Adjective clause merupakan clause yang memiliki fungsi sebagai adjective atau dapat menggambarkan noun. Sedikit mirip dengan materi appositive, akan tetapi adjective clause biasanya menggunakan kata hubung berupa that, who, whom, which, dan whose. Sedangkan appositive tidak menggunakan kata hubung tersebut. Dalam penggunaan kata hubung juga terdapat aturan dalam pemakaiannya, who digunakan untuk menjelaskan aktivitas seseorang, whom digunakan untuk menjelaskan posisi seseorang menjadi nounwhose digunakan untuk menjelaskan kepemilikan seseorang, which digunakan untuk menjelaskan benda yang memiliki fungsi sama seperti who dan whom, dan which digunakan untuk menjelaskan benda yang memiliki fungsi sama seperti whose.

Contoh :
  • Christopher's mother, who wears red clothes, buys a new smartphone.
  • She, whom I fully love, is living in near my house.
  • My teacher, whose husband is an army, teaches us.
  • Her house, which is renovated, is located between a big tree and old building.

2. Noun Clause,

Noun clause merupakan clause yang memiliki fungsi dapat memposisikan sebagai subjek atau objek. Noun clause menggunakan beberapa kata hubung berupa who, which, what, where, when, what, why, whether, how, dan that. Noun clause dibedakan menjadi dua yaitu sebagai subjek dan objek.

Contoh :

  • Whether she loves me or not is not a problem.
  • I don't know why she didn't pass the test.



3. Adverbial Clause,

Adverbial clause merupakan clause yang memiliki fungsi memberikan keterangan tambahan dalam suatu kalimat. Keterangan yang dapat diberikan dalam adverbial clause seperti hasil, tujuan, tempat, waktu, alasan, dan lainnya. Kata penghubung yang sering digunakan antara lain (keterangan waktu) when, before, since, after, while; (keterangan tempat) where, wherever; (keterangan hasil) so, therefore, hence, consequently; (keterangan alasan) because, since, as, for; (keterangan tujuan) so that, in order to, in order that.

Contoh :

  • Before I studied hard with Mathematics, My father had come from work office.
  • I will follow you wherever you go.
  • I don't go to school because I got a headache.
  • I studied hard in order to accept to be PKN STAN student.

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments