Materi Sejarah Teori Terbentuknya Galaksi

07:04
Materi Sejarah Teori Terbentuknya Galaksi

Galaksi

Adanya pendapat yang berupa dugaan yang harus teruji kebenarannya yaitu teori dari Fowler pada tahun 1957, ia memaparkan bahwa menurutnya pada 12 ribu tahun yang lalu, galaksi kita tidak seperti keadaan sekarang, ia mengemukakan bahwa galaksi kita berupa gas kabut hidrogen yang sangat amat besar yang berada di ruang angkasa yang selalu bergerak perlahan dan melakukan rotasi sehingga membentuk bulat, karena gaya beratnya maka terjadi kontraksi dan kondensasi dengan berputar pada sumbunya. Pada saat terjadi kontraksi maka massa bagian luar banyak yang tertinggal. Bagian yang berputar lambat dan juga mempunyai berat jenis yang besar akan membentuk bintang. Dengan cara yang sama, bagian luar yang tertinggal juga akan mengadakan kondensasi sehingga dapat membentuk planet. Sehingga planet juga dapat membentuk satelit alami. Galaksi, tempat dimana matahari kita berinduk diberi nama Bima Sakti atau Milky Way.


Macam-Macam Galaksi

a. Galaksi tak beraturan,
Galaksi tak beraturan merupakan galaksi yang terdiri dari miliaran bintang muda yang memiliki warna putih kebiruan dan bintang-bintang raksasa yang berwarna biru yang sangat panas. Dari bintang-bintang tersebut juga tersebar gas dan debu luar angkasa. Banyaknya galaksi berbentuk tak beraturan sekitar 3%.

b. Galaksi elips,
Galaksi elips merupakan galaksi yang sudah tergolong tua dengan dibentuk oleh bintang-bintang yang sudah tua, biasanya lebih redup dibandingkan galaksi tipe spiral, dengan diisi lebih banyak bintang-bintang besar berwarna merah. Galaksi ini juga ditandai dengan berhentinya pembentukan bintang baru.

c. Galaksi spiral,
Galaksi spiral merupakan galaksi yang memiliki bentuk spiral yang sangat amat besar dengan terdapat ini atau nukleus di tengah dan memiliki lengan spiral serta cakram atau disk. Biasanya pada lengan spiral terdapat konsentrasi debu dan gas (nebulae) yang tinggi sehingga terdapat pembentukan bintang yang aktif. Apabila dilihat dari samping, galaksi spiral terlihat seperti elips yang memiliki lengan dan dikelilingi oleh atmosfer bercahaya, dan juga lingkaran-lingkaran kumpulan beribu bintang yang disebut dengan Globular Cluster. Banyaknya galaksi spiral sekitar 80% dari galaksi yang ada. Contoh dari galaksi spiral adalah galaksi Canes Venatici.


Induk dari matahari kita merupakan Milky Way atau galaksi Bima Sakti, karena berdasarkan pengamatan, galaksi Bima Sakti apabila dilihat dari atas terlihat seperti spiral raksasa yang berputar. Apabila dilihat dari samping akan terlihat seperti elips yang sangat amat besar. Bintang-bintang bertebaran dalam lengan spiral, di antaranya adalah matahari kita. Jaraknya 30.000 tahun cahaya dari pusat galaksi atau sekitar 20.000 tahun cahaya dari pinggir atau ujung galaksi. Galaksi kita yaitu galaksi Bima Sakti memiliki garis tengah sekitar 100.000 tahun cahaya. Apabila kita cermati semakin ke tengah, tebaran bintang di galaksi ini akan semakin merapat dan diperkirakan pusat galaksi merupakan bola bintang raksasa sehingga galaksi ini dapat berbentuk pipih seperti kue cucur.

Share this

I'm CEO & Founder in http://ilmumalas.blogspot.com & http://renaldyways.blogspot.com/


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments