Materi Sejarah Macam Ilmu Bantu Sejarah

23:36
Materi Sejarah Macam Ilmu Bantu Sejarah

Ilmu sejarah merupakan suatu ilmu yang mempelajari peristiwa penting di masa lampau. Ilmu sejarah memiliki macam-macam ilmu bantu yang membantu dalam menggali peristiwa penting di masa lampau tersebut. Ilmu-ilmu bantu sejarah tersebut antara lain :

1. Arkeologi,
Arkeologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari benda-benda yang bersifat kuno. Dalam dunia arkeologi sangat berhubungan dengan asumsi rentang waktu yang sangat panjang. Ilmu arkeologi mencakup masa sejarah maupun prasejarah. Selain itu, ilmu arkeologi juga mempelajari manusia dengan kebudayaanya. Objek-objek yang diteliti dalam ilmu arkeologi ini antara lain adalah artefak dan ekofak. Ilmu arkelogi menginterpretasikan dan merekontruksi budaya yang terjadi pada masa itu, seperti contoh situs tertua yang bernama situs Warka di kawasan Mesopotamia (Irak bagian selatan). Pada masanya mereka selalu meninggalkan benda yang pada awalnya memiliki fungsi praktis.


2. Paleontologi, 
Paleontologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari bentuk-bentuk kehidupan masa purba yang pernah terjadi di muka bumi, terutama mempelajari tentang fosil. Fosil merupakan sisa-sisa binatang dan tumbuhan yang pernah hidup pada masa lampau. Ilmu paleontologi sangat erat hubungannya dengan ilmu botani, zoologi, fisika, dan geologi. Teknik yang digunakan untuk menentukan umur sebuah fosil menggunakan teknik radiocarbon. 


3. Paleografi,
Paleografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang tulisan yang pernah ada di masa lampau atau juga dapat disebut dengan tulisan kuno. Ilmu ini bekerja dengan cara mengidentifikasi tulisan kuno yang biasanya tertulis pada perkamen, kertas, papyrus, daun lontar, dan tanah liat. Ilmu ini dapat menentukan waktu dibuatnya tulisan tersebut dan menerjemahkannya, namun dalam menerjemahkan tulisan kuno ini butuh sebuah pengungkapan arti dari tulisan kuno yang ditemukan.


4. Paleoantropologi,
Paleoantropologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang fosil manusia purba. Tujuan dari ilmu ini adalah untuk merekontruksi asal manusia, persebarannya, cara hidup, evolusi, lingkungannya, dan budayanya.


5. Numismatik,
Numismatik merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang mata uang, sejarah, mitologi, teknik pembuatan, dan seninya. Pada zamannya, mata uang digunakan sebagai alat tukar-menukar / pembayaran. Mata uang tidak hanya logam tetapi juga kertas, namun pada zaman dahulu mereka lebih suka menggunakan logam daripada kertas karena lebih awet, tidak mudah robek, dan tahan lama.


6. Genealogi,
Genealogi merupakan suatu ilmu yang mempelajari asal-usul nenek moyang berdasarkan silsilah keluarga. Tujuan dari genealogi adalah sebagai dasar untuk menulis sejarah keluarga (family history).


7. Epigrafi,
Epigrafi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang cara menunjukkan waktu, cara membaca, dan mengidentifikasi tulisan kuno pada benda keras. Ilmu epigrafi memiliki persamaan dengan paleografi dimana memiliki persamaan pada objek yang dikaji yaitu tulisan kuno.


8. Ikonografi,
Ikonografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang patung atau arca pada zaman prasejarah hingga sejarah. Patung merupakan benda yang biasa digunakan untuk melambangkan nenek moyang dan menjadi tempat pemujaan. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat patung antara lain seperti batu, tanah liat, dan logam (emas, perak, perunggu).


9. Filologi,
Filologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari naskah kuno. Berikut ini merupakan yang termasuk naskah kuno :

Naskah Kuno Isi Pengarang
Negarakertagama Hubungan kerajaan Majapahit dengan Singasari. Mpu Prapanca
Sutasoma Kerukunan antarumat beragama di Majapahit. Mpu Tantular
Kitab SundayanaPeristiwa Bubat.Tidak diketahui
PararatonRiwayat raja Majapahit.Tidak diketahui

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments