Materi Sejarah Ajaran Hindu Dan Buddha

03:06
Materi Sejarah Ajaran Hindu Dan Buddha

Hindu

Agama Hindu adalah sebuah perpaduan (sinkretisme) kepercayaan antara bangsa Arya yang merupakan bangsa pendatang dari wilayah Asia Tengah dengan bangsa Dravida yang merupakan penduduk asli India. Perpaduan ini terjadi dikarenakan pada sekitar tahun 1500 SM bangsa Arya berhasil menaklukkan bangsa Dravida. Konsep yang diusung oleh agama Hindu ialah konsep politheisme yang memiliki arti menyembah banyak dewa. Pada agama Hindu mengenal 3 dewa utama atau yang biasa dikenal dengan istilah trimurti yaitu Dewa Brahma (dewa pencipta), Dewa Wisnu (dewa pemelihara), dan Dewa Syiwa (dewa perusak).


Pada agama Hindu juga diajarkan tentang konsep reinkarnasi yaitu proses dilahirkannya kembali sebagai penebusan dosa karena masih banyaknya dosa yang dilakukan pada masa kehidupan sebelumnya. Jadi dapat disimpulkan ajaran agama Hindu ini memiliki tujuan agar manusia moksha, moksha ialah tidak dilahirkannya kembali di dunia dan tinggal di nirwana dengan penuh kenikmatan.


Pada ajaran agama Hindu memiliki pedoman pada kitab suci Weda, Upanisad, dan Brahmana.

1. Kitab suci Weda,
Kitab suci ini didalamnya terdiri dari 4 himpunan (samhita) antara lain :
a. Atharwaweda, yang berisi tentang mantra yang digunakan untuk keperluan tertentu seperti mengusir penyakit, sihir, mengikat cinta, ilmu gaib, memperoleh kekuasaan dan kedudukan),
b. Regweda, yang berisi tentang pujian untuk dewa,
c. Yajurweda, yang berisi tentang sloka yang diambil dari Regweda,
d. Samaweda, yang berisi tentang nyanyian suci yang diambil dari Regweda.

2. Kitab suci Upanisad,
Kitab suci ini memiliki isi tentang ajaran ketuhanan dan makna hidup.

3. Kitab suci Brahmana,
Kitab suci ini memiliki isi tentang keterangan upacara sesaji.


Dalam ajaran agama Hindu sangat kental dengan pembagian kasta dalam bermasyarakat. Ajaran agama Hindu sendiri pembagian kasta dibagi menjadi 4 kelas yaitu sebagai berikut :

1. Kasta Brahmana,
Kasta ini terdiri atas para pendeta,

2. Kasta Ksatria,
Kasta ini terdiri atas bangsawan dan raja,

3. Kasta Waisya,
Kasta ini terdiri atas kaum buruh menengah dan pedagang,

4. Kasta Sudra,
Kasta ini terdiri atas budak, petani, dan buruh kecil.


Hari raya umat Hindu ialah Nyepi, Galungan, Pagerwesi, Saraswati, Siwaratri, dan Kuningan.



Buddha

Ajaran agama Buddha berawal dari salah satu aliran dalam agama Hindu yang dikenal sebagai budhisme. Istilah budhisme itu sendiri dimunculkan dan dikembangkan oleh tokoh Sidharta Gautama. Sidharta memunculkan ajaran ini dikarenakan bentuk protesnya terhadap ketidakadilan tentang sistem pengkastaan yang dikenal dalam ajaran agama Hindu terutama bagi kasta yang paling rendah. Sidharta sebenarnya merupakan putra mahkota dari Raja Sudhodana yang berasal dari Kerajaan Kapilawastu dan termasuk dalam kasta ksatria. Namun beliau meninggalkan semua yang dimilikinya sebagai anak seorang raja dan pergi ke luar kerajaan untuk melihat kehidupan yang sangat memprihatinkan. Setelah itu ia bertapa dan memperoleh sebuah bodhi dan disebut Sang Buddha (yang disinari).

Sumber dari ajaran agama Buddha berasal dari kitab suci yang bernama Tripitaka. Tripitaka sendiri memiliki arti tiga keranjang. Isi dari kitab suci Tripitaka ialah sebagai berikut :

1. Sutrantapitaka,
Sutrantapitaka berisi tentang wejangan dari sang Buddha,

2. Winayapitaka,
Winayapitaka berisi tentang hukum dan peraturan yang mengatur tata hidup bagi penganut agama Hindhu,

3. Abdidharmapitaka,
Abdidharmapitaka berisi tentang penjelasan dari ajaran agama Budha.


Dalam kepercayaan ajaran agama Buddha meyakini bahwa manusia hidup di dunia dalam keadaan kesengsaraan (samsara), oleh karena itu manusia dapat menghentikan kesengsaraan tersebut dengan melakukan pengamalan astavidha (delapan jalan) antara lain :
1. Niat yang benar,
2. Ajaran yang benar,
3. Usaha yang benar,
4. Bersemedi yang benar,
5. Perenungan yang benar,
6. Perkataan yang benar,
7. Perbuatan yang benar,
8. Penghidupan yang benar.


Dalam perjalanannya, ajaran agama Buddha terpecah menjadi 2 aliran, yaitu sebagai berikut ini :

1. Aliran Mahayana (kendaraan besar),
Aliran ini mengajarkan manusia untuk berusaha bersama-sama untuk saling membantu dalam memperoleh nirwana,

2. Aliran Hinayana (kendaraan kecil),
Aliran ini mengajarkan manusia untuk berusaha sendiri-sendiri untuk memperoleh nirwana.


Hari raya umat Buddha ialah hari raya Triwaisak yaitu lahirnya, turunnya bodhi, dan kematian Sang Buddha.


Masuknya ajaran Buddha di Indonesia diperkirakan lebih awal daripada ajaran agama Hindu. Penyebaran ajaran agama Buddha dikenal dengan Dharmadhuta yaitu misi penyebaran agama Buddha. Agama Buddha mulai menyebar diperkirakan pada abad ke 2 sampai dengan 5 Masehi. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan arca Buddha yang terbuat dari perunggu di Sempaga, Sulawesi Selatan, yang diperkirakan sudah ada pada abad 2 Masehi. Selain itu terdapat juga bukti penemuan arca Buddha di bukit Siguntang, Palembang, Sumatra Selatan.


Aliran Mahayana menjadi aliran terbesar ajaran agama Buddha di Indonesia. Perkembangan ajaran agama Buddha begitu pesat pada masa Kerajaan Mataran Buddha wangsa Syailendra dan Kerajaan Sriwijaya.

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments