Materi Tes Bahasa Inggris Concordance

00:13
Materi Tes Bahasa Inggris Concordance

Hai teman-teman pejuang PKN STAN. Kali ini saya akan membagikan materi Tes Bahasa Inggris yaitu tentang Concordance. Materi concordance merupakan salah satu tata bahasa dalam Bahasa Inggris yang mana digunakan dalam penerapan kesejajaran antar unsur sebuah kalimat. Sehingga apabila sebuah kalimat memiliki kesejajaran yang tepat antar unsur, maka kalimat tersebut akan selaras dengan kebenaran dalam penulisannya.



Dalam sejarah soal SPMB maupun USM PKN STAN, seringkali materi concordance menjadi jebakan bagi peserta apabila kurang teliti dalam memahami kalimat soal. Namun tenang kita akan membahas satu per satu tentang materi kali ini.


Berikut merupakan materi concordance :

1. Kalimat yang harus menggunakan predikat jamak,

Dalam beberapa keadaan suatu kalimat harus menggunakan predikat jamak. Keadaan tersebut terjadi apabila di dalam sebuah kalimat terdapat kata-kata seperti many, several, few, both, dan and. Selain kata-kata tersebut, juga terdapat keadaan yang mana mengharuskan menggunakan predikat jamak, yaitu terdapat subjek yang tunggal namun subjek tersebut dianggap jamak seperti eyeglasses dan trousers.

Contoh :

  • Both Semarang and Magelang are located in Central Java.
  • His eyeglasses are imported from Japan.



2. Kalimat yang harus menggunakan predikat tunggal,

Sama halnya dengan poin nomor 1, dalam beberapa keadaan suatu kalimat juga harus menggunakan predikat tunggal. Keadaan tersebut terjadi apabila di dalam suatu kalimat terdapat kata subjek berupa jumlah uang, jarak, volume, waktu, berat, gerund (Ving), nama, mata pelajaran, judul, frasa.

Contoh :

  • Ten dollars is equal to 130.000 in rupiah.
  • Running has many benefits for our health.
  • Need For Speed is my favorite action movie.
  • That man who sleeping in side of the road is unemployment.



3. Kalimat yang predikatnya harus mengikuti unsur kalimat.

Dalam keadaan khusus suatu kalimat mengharuskan predikatnya mengikuti unsur kalimat yang digunakan. Seperti suatu kalimat menggunakan unsur seperti accompanied by, as well as, together with, dan along with. Maka apabila suatu kalimat menggunakan unsur seperti itu, predikat yang digunakan harus mengikuti subjek yang pertama, apakah subjek yang pertama tunggal atau jamak. Selain itu juga terdapat unsur seperti neither...nor dan either...or maka predikat mengikuti subjek yang paling akhir disebutkan.

Contoh :

  • Sir Alex Ferguson, accompanied by his friends, is going to school.
  • Neither my friends nor I eat that sandwich.

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments