Materi Tes Potensi Akademik Akar Dan Pangkat

07:34
Materi Tes Potensi Akademik Akar Dan Pangkat
Hai teman-teman pejuang PKN STAN. Kali ini saya akan membagikan materi Tes Potensi Akademik. Materi Tes Potensi Akademik yang akan saya bagikan ini adalah materi akar dan pangkat. Seperti yang kita ketahui materi akar dan pangkat pasti sudah pernah anda temui pada jenjang SMP maupun SMA. Nah untuk kali ini kita akan sedikit mengulas tentang materi tersebut.


Akan tetapi materi yang akan saya sampaikan tidak membahas ulang materi akar dan pangkat yang sudah diajarkan di sekolah teman-teman. Saya akan membahas tentang rumus-rumus istimewa yang dapat diterapkan dalam materi akar dan pangkat. Rumus-rumus istimewa ini sebenarnya jarang diajarkan di sekolah-sekolah teman-teman. Karena rumus-rumus istimewa ini bukan merupakan rumus dasar, tetapi merupakan rumus diferensial yang mana merupakan turunan dari rumus-rumus dasar atau biasa.


Untuk materi pertama yang akan kita bahas adalah materi tentang akar. Akar dalam pelajaran yang diajarkan di sekolah disimbolkan dengan simbol radikal (√). Pastinya anda juga sudah paham dalam bagaimana mengoperasikannya. Nah kali ini saya akan membagikan rumus-rumus akar yang jarang ditemui di sekolah teman-teman, akan tetapi bukan tidak mungkin memiliki kemungkinan keluar dalam tes SPMB PKN STAN. Oleh karena itu saya akan membagikan rumus-rumus tersebut, berikut rumus-rumusnya :



1.




2.

nilai a lebih besar daripada b.


3.

nilai a lebih besar daripada b.


4.




Selanjutnya kita akan membahas materi tentang pangkat. Pangkat dalam materi pelajaran yang diajarkan di sekolah disimbolkan dengan script (ex). Pastinya anda juga sudah paham bagaimana mengoperasikan bentuk pangkat. Oleh karena itu saya akan langsung membagikan rumus pangkat istimewa, berikut rumus-rumusnya :


1. am x an = am+n
2. am : an = am-n
3. am x am = (axb)m
4. am : am = (a:b)m
5. a0 = 0
6. (a+b)2 = a+ 2ab + b2
7. (a-b)2 = a- 2ab + b2
8. a2 + b2 = (a+b)2 - 2ab
9. a2 - b2 = (a+b) (a-b)
10. x√a + x√b = x√(ab)
11. x√a + y√b = a1/x + b1/y
12. (a+b+c)2 = a2 + b2 + c2 + 2ab + 2ac + 2bc
13. (a-b-c)2 = a2 + b2 + c2 - 2ab - 2ac - 2bc


Itulah beberapa rumus-rumus istimewa dalam akar dan pangkat semoga dapat bermanfaat bagi kalian dalam mengerjakan soal-soal SPMB PKN STAN. Jangan lupa apabila terdapat pertanyaan dapat komentar dibawah dan apabila bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya. Terima kasih.

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments