Materi Sejarah Zaman Hindu-Buddha Kerajaan Kutai

01:04
Materi Sejarah Zaman Hindu-Buddha Kerajaan Kutai

Letak Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang menganut ajaran Hindu tertua yang terletak di Nusantara. Kerajaan ini didirikan sekitar abad ke-4. Letak kerajaan ini berada di hulu Sungai Mahakam, Muara Kaman, Kalimantan Timur. Nama Kutai diberikan berdasarkan tempat ditemukan prasasti yang menjelaskan eksistensi kerajaan tersebut oleh para ahli yang menemukannya di daerah Kutai. Hal ini dikarenakan tidak adanya prasasti yang menyebutkan nama kerajaan dan sedikitnya informasi yang diperoleh.


Sumber Sejarah Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai memiliki sumber sejarah berdasarkan 7 buah yupa yang ditemukan. Yupa merupakan sumber utama yang menjelaskan eksistensi Kerajaan Kutai. Yupa adalah sebuah tiang yang terbuat dari batu digunakan untuk mengikat korban berupa hewan atau manusia yang ditujukan untuk persembahan kepada dewa-dewa. Di dalam yupa tersebut juga terpahat ukiran rangkaian tulisan yang menjadi informasi yang menjelaskan Kerajaan Kutai.


Budaya Kerajaan Kutai

Hasil dari perkembangan kebudayaan Kerajaan Kutai sangat erat kaitannya dengan agama atau kepercayaan yang dianut oleh masyarakat Kerajaan Kutai. Salah satu hasil kebudayaannya adalah 7 buah prasasti yupa yang ditemukan oleh para ahli.



Keadaan Politik, Ekonomi, dan Sosial Kerajaan Kutai

Dalam prasasti yupa yang ditemukan menyebutkan bahwa raja pertama dari Kerajaan Kutai adalah Kudungga. Kudungga yang merupakan nama asli Nusantara saat itu memperlihatkan juga ia bukanlah pendiri keluaraga kerajaan. Selain informasi tersebut, juga disebutkan informasi tentang pemerintahan kerajaan pada masa Asmawarman yang dilakukan upacara Asmawedha, yaitu upacara pelepasan kuda dalam rangka untuk menentukan batas-batas wilayah Kerajaan Kutai.

Dalam isi yupa yang lain menyebutkan Raja Kudungga digantikan oleh putranya, yaitu Aswawarman kemudia digantikan oleh cucunya yaitu Mulawarman. Masa kejayaan Kerajaan Kutai saat pemerintahan dipegang oleh Raja Mulawarman.




Keruntuhan

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam yupa menyebutkan Kerajaan Kutai dipegang oleh Kudungga lalu digantikan Aswawarman dan digantikan oleh Mulawarman. Setelah masa itu tidak diketahui lagi raja yang memerintah selanjutnya dikarenakan keterbatasan informasi.

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments