Materi Tes Potensi Akademik Aljabar

03:55
Materi Tes Potensi Akademik Aljabar

Hai teman-teman pejuang PKN STAN. Kali ini saya akan berbagi materi Tes Potensi Akademik. Materi Tes Potensi Akademik yang akan saya bagikan adalah materi tentang aljabar. Materi aljabar tentunya sudah pernah anda dapatkan ketika anda duduk di bangku sekolah menengah pertama.


Aljabar menurut definisi yang dikutip dari Wikipedia merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang pemecahan masalah menggunakan simbol – simbol sebagai pengganti konstanta dan variabel. Tipe soal tentang aljabar kerap kali membuat peserta tes SPMB PKN STAN kebingungan, dikarenakan kebanyakan soal yang diujikan terdapat jebakan-jebakan apabila peserta tidak sepenuhnya menguasai materi aljabar.


Materi yang saya sampaikan ini hanya sekilas tidak saya bahas seluruhnya, saya akan bahas materi yang dirasa perlu dan penting untuk bekal tes SPMB PKN STAN. Jadi saya akan membahas materi aljabar tentang operasi dasar dan bentuk persamaan aljabar.


Berikut materi tentang aljabar :


1. Operasi Aljabar,

a. Asosiatif,
1. (a x b) x c = a x (b x c)

b. Komutatif,
1. a + b = b + a
2. a x b = b x a

c. Distributif,
1. a x (b + c) = ab + ac
2. a x (b - c) = ab - ac
3. (a + b) : c = (a : c) + b : c
4. (a - b) : c = (a : c) - b : c



2. Persamaan Aljabar,

a. Persamaan linear satu variabel,
Persamaan linear satu variabel atau biasa disingkat PLSV merupakan persamaan dengan menggunakan 1 variabel yaitu x dan berpangkat satu. Dalam soal tes potensi akademik biasanya kalau terdapat persamaan linear satu variabel kita disuruh untuk mencari nilai x nya.

Contoh :

60x-4 = 18x+2
42x = 6
x = 7


b. Persamaan linear dua variabel.
Persamaa linear dua variabel atau biasa disingkat PLDV merupakan persamaan dengan menggunakan 2 variabel yaitu x dan y dan berpangkat 1. Dalam soal tes potensi akademik biasanya kalau terdapat persamaan linear dua variabel kita disuruh untuk mencari nilai x dan y nya. Cara untuk mencari nilai variabel tersebut terdapat 2 cara yaitu dengan cara eliminasi dan subtitusi.


  • Eliminasi untuk mencari nilai x

    2x+ y=14
    4x+ y=24
    --------------- -
    -2x = -10
    x = 5

  • Subtitusi untuk mencari nilai y
    2 (5) + y = 14
  • 10 + y = 14 y = 4

Share this

I'm Author in http://ilmumalas.com.


Artikel Menarik Lainnya

Artikel Selanjutnya
Artikel Selanjutnya
Previous Article
Artikel Sebelumnya
Cara style text di komentar Disqus dan Blogger:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
  • Untuk menggunakan emoji di bawah ini cukup copy kode tersebut dan beri jarak 1 spasi untuk menampilkan emoji pada kolom komentar Blogger.
Parser Kode
Diskusikan
Emotikon

Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger Emoticon Kaskus di Blogger
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

0 Comments